February 27, 2019

Cara Konfigurasi NTP (Network Time Protokol) Di Mikrotik

Pada tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara setting NTP di Mikrotik, serta penerapannya di mikrotik. Namun sebelumnya ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa itu NTP ?


Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP merupakan sebuah mekanisme atau protokol yang bisa digunakan untuk sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem jaringan dan komputer.

Sinkronisasi ini biasa dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi yaitu TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket – paket data.

NTP menggunakan port komunikasi UDP 123. Protokol ini memang didesain untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya bervariasi, mulai dari yang waktu litensinya tinggi hingga ke yang rendah, mulai kabel sampai dengan media udara.

Protokol ini memungkinkan perankat -perangkat komputer untuk tetap dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan sangat tepat dan akurat dalam berbagai media.

Biasanya dalam sebuah jaringan, beberapa node dilengkapi dengan fasilitas NTP dengan tujuan untuk membentuk sebuah subnet sinkronisasi. Node – node tersebut kemudian akan saling berkomunikasi dan ber sinkronisasi menyambut waktu yang direkan.

Meskipun ada beberapa node yang akan menjadi master (primary server), protokol NTP tidak membutuhkan mekanisme pemilihan tersebut.
Sekarang kita akan melanjutkan bagaimana setting NTP pada Router Mikrotik.

Setting NTP Client di Mikrotik Dalam kondisi tertentu biasanya Router Mikrotik bekerja berdasarkan waktu, baik itu hari, tanggal, buan, maupun jam. Apabila anda memblokir sebuah akses internet di luar jam tertentu bisa juga memblokir situs – situs tertentu pada jam – jam tertentu.

Apabila Anda menggunakan Komputer untuk di jadikan Router tidak akan ada masalah karena di Motherboard komputer sudah ada baterai yang bisa mempertahankan konfigurasi waktu.

Namun jika anda menggunakan Routerboard Mikrotik yang tidak memiliki baterai internal seperti halnya komputer maka semua konfigurasi waktu akan kacau setiap kali router mengalami restart. Bagaimana cara mengatasi ketidakakuratan ini ?

Untuk mengatasi ketidakakuratan ini kita akan mengkonfigurasi Network Time Protokol (NTP). Sebelumnya router mikrotik harus mengetahui NTP server yang ada di internet supaya bisa menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang berada di NTP server tersebut.

Untuk Sinkronisasi konfigurasi waktu pada router mikrotik, bisa anda menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.160.128.3

Langkah – lankah mengkonfigurasi NTP pada Mikrotik :

  1. Klik Menu System  -> SNTP Client  (Simple Network Time Protocol)

2. Setelah itu kita ceklis Enabled dan isikan Primary NTP Server dengan alamat IP Address 203.160.128.3 (NTP Server Indonesia)

3. Sekarang kita coba cek apakah Router Mikrotik sudah sinkron dengan waktu di indonesia, cara untuk mengeceknya anda klik menu system -> clock

Pada tahap ini Anda telah berhasil melakukan konfigurasi NTP di Mikrotik, selamat mencoba semoga bermanfaat 🙂

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *